Senin, 10 Januari 2011

kata mutiara islami

“Kata-Kata Mutiara Islami”
Ø Rasulullah bersabda,”Orang yang paling pelit didunia adalah orang yang jika mendengar shalawat nabi dan tidak mau menjawabi” (Muttafaqun ‘alaihi) (Moh. Shofi’i)
Ø Alam adalah sebuah hukum yang terikat oleh waktu, yang semula tidak ada menjadi ada dan suatu saat akan menjadi tidak ada lagi. (Moh. Shofi’i)
Ø Berbuatlah sesuai dengan apa yang kamu sukai di dunia ini, tetapi ingat bahwa kelak kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas semua perbuatan yang kamu lakukan. (Moh. Shofi’i)
Ø Kendalikanlah hawa nafsumu sebelum kamu dikendalikan oleh hawa nafsu yang akan membawamu kepada sebuah kemaksiatan. (Moh. Shofi’i)
Ø “Speak is silver but silent is gold, when you say speak is gold, silent is jewels” (Berbicara adalah perak tetapi diam adalah emas, ketika kamu mengatakan berbicara adalah emas, maka diam adalah permata) (Moh. Shofi’i)
Ø “where’s a will, there’s a way” Dimana ada kemauan, disitu pasti ad jalan) (Moh. Shofii)
Ø Shalat adalah tiang agama, barang siapa mendirikan shalat berarti dia mendirikan agama, tetapi apabila orang itu tidak melakukan shalat berarti dia telah merobohkan agama. (Al-Hadits)
Ø Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah yang bertaqwa diantara kamu. (Moh. Shofi’i)
Ø Janganlah kamu memandang mata seorang wanita yang bukan mahrommu, karena mata wanita bagaikan anak panah yang dapat menarikmu ke dalam kemaksiatan. (Moh. Shofi’i)
Ø Manusia hanya bisa mengerjakan apa yang dapat dia lakukan, tetapi Allah mengerjakan apa yang Dia kehendaki. (Moh. Shofi’i)
Ø Keutamaan ulama’ terhadap ahli ibadah adalah bagaikan keutamaan sinar bulan purnama terhadap jutaan bintang di langit. (Moh. Shofi’i)
Ø Wanita yang cantik adalah wanita yang tidak pernah menyadari bahwa di dalam dirinya tersimpan sebuah kecantikan yang putih. (Moh. Shofi’i)
Ø Jangan melihat keluar, lihtlah ke dalam diri sendiri dan carilah itu (Jalaluddin Rumi,Penyair sufi dari Afganistan 1207-1273). (artinya kita tidak usah melihat apa yang ada di dalam diri orang lain, tetapi kita harus melihat pada diri kita sendiri, potensi apa yang ada di dalam diri kita sendiri dan kita harus mengembangkan potensi itu).
Ø Jangan kau seperti iblis, hanya melihat air dan lumpur ketika memandang Adam. Lihatlah di balik lumpur, beratus-ratus ribu taman yang indah! (jalalluddin rumi)
Ø Apapun yang Anda perjuangkan melalui pertarungan – pasti merupakan sesuatu yang penting bagi Anda.  Itu sebabnya Anda dikenal dari apa yang Anda pertarungkan. (Mario Teguh).
Ø Di manapun, jalan untuk mencapai kesucian hati ialah melalui kerendahan hati Maka dia akan sampai pada jawaban “Ya” dalam pertanyaan bukankah Aku Tuhanmu? (Jalaluddin Rumi).
Ø Kebenaran sepenuhnya bersemayam di dalam hakekat. Tapi orang dungu mencarinya di dalam kenampakan. (Jalaluddin Rumi).
Ø Jika saja bukan karena keridhaan-Mu,Apa yang dapat dilakukan oleh manusia yang seperti debu ini cinta-Mu? (Jalaluddin Rumi).
Ø Setiap orang melihat Yang Tak Terlihat dalam persemayaman hatinya. Dan penglihatan itu bergantung pada seberapakah ia menggosok hati tersebut. Bagi siapa yang menggosoknya hingga kilap, maka bentuk-bentuk Yang Tak Terlihat semakin nyata baginya. (Jaaluddin Rumi).
Ø Sesungguhnya kebajikan itu suatu perkara yang mudah, muka yang jernih dan perktaan yag lemah lembut. (Abdullah bin Umar)
Ø Tambang emas dalam diri anda adalah pikiran anda. Anda dapat menggali sepuasnya yang anda inginkan. (Abdullah Masrur. M. H)
Ø Ikhlaskan bergaul dengan orang mukmin dan berbaik-baiklah budi pekerti dalam bergaul dengan orang jahat, karena orang jahat rela dengan budi pekerti yang baik pada lahirnya. (Abud Darda’)
Ø Bahwa orang yang berilmu apabila tidak berbuat sepanjang ilmunya, maka lenyaplah pengajaranya dari hati manusia seperti lenyapnya embun pagi dari Bukit Shofa. (Malik bin Dinar)
Ø Barangsiapa yang mempunyai kepercayaan yang kuat tak tergoncangkan terhadap Tuhan adalah kuat sekali dalam kekuasaannya, pandai karena kebijaksaannya, beruntung karena kebahagiaannya. (Addison Yoseph)
Ø Bagi orang yang berusaha sungguh-sungguh, Tuhan akan meminjamkan tangan penolongnya. (Aeschylus)
Ø Sekiranya angkatan muda tidak dipersenjatai dengan jiwa agama akan hancurlah akhlaq angkatan dan bangsanya. (Haji Agus Salim)
Ø Kawan karib yang sholeh ibarat penjual minyak wangi. Bila dia tidak memberimu minyak wangi, kamu akan mencium kaharumannya. (HR. Bukhori)
Ø Seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin lainnya. Apabila melihat aib padanya dia  segera memperbaikinya. (HR. Bukhori)
Ø Do’a adalah senjata seorang dan tiang agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu ya’la)
Ø Do’a adalah otaknya (sumsum / intinya) ibadah. (HR. Tirmidzi)

Kumpulan Kata-kata Mutiara Yang Menyejukkan Hati dari Antonhuang

Ø Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya, karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah. Semoga kamu menemukan orang seperti itu. (Anton Huang)
Ø Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang, sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu. (Anton Huang)
Ø Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan. (Anton Huang)
Ø Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan yang cukup untuk membuatmu baik hati, cobaan yang cukup untuk membuatmu kuat, kesedihan yang cukup untuk membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup untuk membuatmu bahagia dan uang yang cukup untuk membeli hadiah-hadiah. (Anton Huang)
Ø Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi acapkali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita. (Anton Huang)
Ø Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya. (Anton Huang)
Ø Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita milik sampai kita kehilangannya, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya. (Anton Huang)
Ø Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itu pula. (Anton Huang)
Ø Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan. Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkahi. (Anton Huang)
Ø Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cinta menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan. Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia. (Anton Huang)
Ø Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya. (Anton Huang)
Ø Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia itu. (Anton Huang)
Ø Hanya diperlukan waktu semenit untuk menaksir seseorang, sejam untuk menyukai seseorang dan sehari untuk mencintai seseorang tetapi diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang. (Anton Huang)
Ø Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka. (Anton Huang)
Ø Cinta adalah jika kamu kehilangan rasa, gairah, romantika dan masih tetap peduli padanya. (Anton Huang)
Ø Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu dan mendapati pada akhirnya bahwa tidak demikian adanya dan kamu harus melepaskannya. (Anton Huang)
Ø Cinta dimulai dengan sebuah senyuman, bertumbuh dengan sebuah ciuman dan berakhir dengan tetesan air mata. (Anton Huang)
Ø Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya. (Anton Huang)
Ø Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi yang lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan tidak pernah memiliki keberanian untuk mengutarakan cintamu kepadanya. (Anton Huang)
Ø Masa depan yang cerah selalu tergantung kepada masa lalu yang dilupakan, kamu tidak dapat hidup terus dengan baik jika kamu tidak melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu. (Anton Huang)
Ø Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba, jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup, jangan pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya. (Anton Huang)
Ø Memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan membalas cintamu! Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggulah sampai cinta berkembang di hatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh di hatimu. (Anton Huang)
Ø Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk mengatakannya. Namun demikian janganlah menulikan telinga untuk mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati. (Anton Huang)
Ø Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang di sekelilingmu tersenyum – jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis. (Anton Huang)
Ø Pada suatu ketika sofyan ATS-TSAURI berkata di samping robiah : ya allah!! Ridhoilah kami, rabiah bertanya: tidakah engkau malu kepada allah untuk meminta rindhonya, sedangkan engkau sendiri tidak merasa ridlo terhadapnya. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Jika kau memerlukan nikmat dunia, cukuplah Islam sebagai nikmatmu. Jika kau memerlukan keasyikan, cukuplah taat pada Allah sebagai keasyikanmu. Dan jika kau memerlukan pengajaran, cukuplah maut itu sebagai pengajaran bagimu (Ali ibn Abi Thalib)
Ø Ukhuwah yang terbina biarlah seperti seutas tasbih. Ada awal, tapi tiada akhir. Dicipat untuk mengingat-Nya dan disusun untuk mengharap ridha-Nya (Tri Looke)
Ø Hatim Al-ahsan berkata: hawa nafsuku adalah taliku, ilmuku adalah senjataku, dosaku adalah kegagalanku,dan setan adalah musuhku,terhadap hawa nafsuku aku lari menjauh. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Dan hati-hatilah Rakus terhadap posisi Di hadapan allah, Sedang anda cinta Posisi di hadapan manusia. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Wanita shalelah itu perhiasan yang indah, ia lembut tapi tidak lemah, mempesona tapi tetap bersahaja. Ia tahu bagaimana menjaga diri dan keluarga, mengerti bagaimana menjaga akhlak dan kemuliaannya. Ilmunya telah mengangkatnya ke derajat yang lebih dari wanita lain. Mendampinginya merupakan anugerah terindah (Abu Mushab)
Ø Siapa yank menggantungkanya, hatinya hanya kepada allah, ia akan tenang,dan siapa yang menggantungkanya, kepada manusia, niscaya ia akan terguncang. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Apa gerangan yang di perbuat musuhku? Surgaku dan kebunku ada di dalam dadaku Aku slalu bersama kemana saja aku  pergi, Ia takkan pernah berpisah dengannku. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Anda lalai dan hati ikut-ikutan lupa, Lenyapnya usia,sementara dosa,tetap ada seperti semula. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Cukuplah seseorang dikatakan berilmu jika ia takut kepada Allah, dan cukuplah seseorang dikatakan bodoh jika ia bangga dengan amalnya (Arni Wijaya)
Ø Telah lewat masa dan hari,denganmembawa dosadatangnya utusan kematian Sementara hati melalaikanyaterhenyak kehidupan ia adalah tipu daya dan derita, Hidupmu di dunia adalah salah. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Engkau terkagum kagum kepada wajah yang rupawan Padahal kemarin ia masih berupa air mani yang terpencar dan esok hari setelah ke elokan itu ia akan menjadi bangkai yang kotor dalam kubur. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Kami mempunyai sahabat yang suka berulah ia banyak berbuat salah dan sangat sedikit sekalin berbuat benar , Ia lebih keras dari pada kumbang kelapa dan dengan sombongnya ia berjalan bagaikan  orang asing. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Wahai orang yang tertidur di malam hari yang gembira di awalnya sungguh kejadian seperti sihir jangan engkau bergembira di malam hari yang baik mulanya karena mungkin ahirnya api neraka telah menyala. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Sebab kegagalan dapat dibagi menjadi dua : orang yang berfikir tapi tidak mau bertindak dan orang yang bertindah tapi tidak pernah berfikir (Abdullah)
Ø Hai orang sombong yang kehadiranya tidak di kehendaki kami dari sebongkah tanah mengucapkan salam kepadamu sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah perhiasan dan dengan kematian engkau akan diratakan oleh kaki. (IBNU TAIMIYAH).
Ø Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah, dan mengajarkanya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sedekah. (HR.Ar-Rabii’)
Ø Kelebihan seorang alim (ilmuan) terhadap seorang ‘abid(ahli ibadah) ibarat bulan purnama terhadap seluruh binantang. (HR.Abu Dawud)
Ø Musibah yang diterima dengan sabar – hanya mengharap – ridha Allah semata, adalah lebih bagimu daripada nikmat yang membuatmu lupa kepada-Nya (Arifiyanto)
Ø Tegakkan syariat mulai dari diri kita, bercerminlah sejauh mana kita menjalankannya, seberapa besarkah pengorbanan kita untuknya, setinggi apakah kita mengharap ridha-Nya (Abdullah)
Ø Apabila kamu melewati teman-teman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya, ’’Ya Rasulullah, apa yang dimaksud teman-teman surga itu?’’ Nabi Saw menjawab, ’’Sekolah-sekolah.’’ (HR.Ath-Thabrani)
Ø Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan janganlah saling merahasiakan. Sesunghnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebihberat hukumanya daripada berkhianat dalam harta. (HR.Abu Na’im)
Ø Kanalilah Allah waktu kamu senang, niscaya Allah akan mengenalimu waktu kamu kesusahan. (HR.Tarmidzi)
Ø Janganlah engkau bebani dirimu dengan hari esokmu, bukankah Allah telah menentukannya untukmu? Maka berusaha dan bersabarlah (Kassiyah)
Ø Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya menghapusnya. Bergaulah dengan manusia dengan akhlak luhur. (HR.Tarmidzi)
Ø Kebahagiaan yang paling bahagia adalah panjangan umur dalam ketaatan kepada Allah. (HR.Ad-Dailami dan Al Qodhi’i)
Ø Orang yang pandai membaca Al Qur’an akan bersama malaikat yang mulia lagi berbakti, dan yang membaca tetapi sulit dan terbata-bata maka dia mendapat dua pahala. (HR.Bukhari dan Muslim)
Ø Tidak ada harga untuk waktu, tapi ia sangat berharga. Memiliki banyak waktu tidak menjadikan kita kaya, tapi menggunakannya dengan benar adalah sumber kekayaan (Abdullah)
Ø Barang siapa mengulas Al Qur’an tanpa ilmu pengetahuan naka bersiaplah menduduki neraka. (HR.Abu Dawud)
Ø Barang siapa menguraikan Al Qur’an dengan akal pikiranya sendiri dan benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan. (HR.Ahmad)
Ø Barang siapa membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu pahala dan pahala diganjar sepuluh kali lipat. (HR.Tarmidzi)
Ø Belum akan terjadi kiamat sampai ada anak selalu menjengkelkan kedua orang tuanya. (HR. Asysyihaab)
Ø Percayalah bahwa yang singkat adalah waktu, yang dekat adalah amanah, yang sulit adalah ikhlas, yang akan diinvestasi adalah apa yang kita kerjakan, yang paling bijak adalah saling memaafkan (Aneuk Meutuah)
Ø Diantara tanda-tanda kiamat adalah ilmu terangkat, kebodohan menjadi banyak. (HR.Bukhari)
Ø Pada saat kiamat tidak bermanfaat lagi imanya seseorang kepada dirinya sendiri yang sebelumnya belum beriman, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam massa imanya. (HR.Bukhari dan Muslim)
Ø Azab yang paling ringan di neraka pada hari kiamat ialah dua butir bara api di kedua telapak kakinya yang dapat menembus otak. (HR.Tarmidzi)
Ø Yang dapat menolak takdir ialah doa dan yang dapat memperpanjang umur adalah kebajikan (amal bakti). (HR.Ath-Thahawi)
Ø Barang siapa mencari mati syahid dengan sungguh-sungguh maka akan aku berikan kepadanya meskipun dia mati diatas tempat tidurnya. (HR.Muslim)
Ø Islam itu asasnya Syahadat. Tiangnya shalat. Puncaknya jihad. Maka jadilah kamu orang yang mendakwahkan azasnya. Yang memperkokoh tiangnya. Yang berjuang di puncaknya. Atau salah satu darinya. Kalau tidak, kamu pasti merugi. (Mahyuddin HH.)
Ø Umat terdahulu selamat (jaya) karena teguhnya keyakinan dan zuhud. Dan umat terakhir kelak akan binasa karena kekikiran (harta dan jiwa) dan cita-cita yang kosong. (Ibnu Abi Ad-Dunia)
Ø Pokok segala urusan adalah islam dan tiangnya adalah shalat, dan atapnya adalah jihad. (HR. Tirmidzi)
Ø Kesuksesan itu bukan berapa banyak harta kita kumpulkan, tapi kesuksesan adalah berapa banyak harta yang bisa kita sedekahkan (Toro)
Ø Laksanakan ibadah sesuai kemampuanmu. Jangan membiasakan ibadah lalu meninggalkanya. (HR.Ad-Dailami)
Ø Perumpamaan sholat lima waktu seperti sungai yang airnya mengalir dan melimpah dekat pintu rumah seseorang yang tiap hari mandi di sungai itu lima kali. (HR.Bukhari dan Muslim)
Ø Kelalaian itu merupakan keburukan dan dzikrullah merupakan kemenanga. Tidak ada kebaikan dalam hidup tanpa persaudaraan karena Allah. Kadang seseorang bisa lupa karena harta yang dia lihat atau emas yang dia beli tetapi ia tidak akan melupakan seseorang yang dia cintai karena Allah (Jun)
Ø Sholat pada awal waktu adalah keridhoan Allah dan sholat pada akhir waktu adalah  pengampunan Allah. (HR.Tarmidzi)
Ø Perbanyaklah sujud kepada Allah, sesungguhnya bila sujud sekali Allah akan mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu dosamu. (HR.Muslim)
Ø Barang siapa meninggalkan sholat Ashar dengan sengaja maka Allah akan menggagalkan amalnya (usahanya). (HR.Bukhari)
Ø Barang siapa berjama’ah dalam sholat Subuh dan Isya maka baginya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari kemunafikan dan kebebasan dari kemusyrikan. (Abu Hanifah)
Ø Barang siapa meninggalkan solat Jum’at karena meremehkanya tanpa suatu alasan maka Allah akan mengunci hatinya. (HR.Bukhari dan Muslim)
Ø Barang siapa meninggalkan solat Jum’at karena meremehkanya tanpa suatu alas an maka Allah akan mengunci hatinya. (HR.Bukhari dan Muslim)
Ø Semakin bertambah keilmuan dan kekayaan seseorang, akan makin besar pula amanah yang diemban olehnya. Tirulah padi, semakin berisi semakin merunduk (Abdullah Ibnu Adam)
Ø Beritakan kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan kaki di malam gelap-gulita menuju masjid bahwa bagi mereka cahaya yang terang-benderang di hari kiamat. (HR. Al Hakim dan Tarmiidzi)
Ø Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa nghadapi untuk menghadapi datangnya bencana. (HR. Ath-Thabrani)
Ø Tiada orang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisanya. (HR.Ahmad)
Ø Sedekah yang paling utama ialah yang diberikan kepada keluarga dekatnya yang bersifat memusuhi. (HR.Ath-T abrani dan Abu Dawud)
Ø Orang yang membatalkan pemberian(atau meminta kembali) sedekahnya seperti anjing yang makan kembali muntahanya. (HR.Bukhari)
Ø Bersedekah pahalanya 10, memberi hutang (tanpa bunga) pahalanya 18, bergaul dengan kawan-kawan pahalanya 20 dan silaturrahim (dengan keluarga) pahalanya 24. (HR.Al Hakim)
Ø Bau mulut seorang yang berpuasa lebih harum disisi Allah pada hari kiamat dan harumnya misik (minyak wangi paling harum di dunia). (HR.Bukhari)
Ø Jihat yang paling utama adalah haji yang mabrur. (HR.Bukhari)
Ø Orang yang belas kasihan akan dikasihi Ar-Rahman (Yang  Maha Pengasih), karena itu kasih sayangilah yang di muka bumi. niscaya kamu dikasih sayangi mereka yang dilangit. (HR. Bukhari)
Ø Tiada dicabut rahmat kecuali dari (hati) seorang pendurhaka. (HR. Abu Dawud)
Ø Barang siapa tidak mengasihi dan menyayangi manusia maka dia tidak dikasihi dan tidak disayangi Allah. (HR. Bukhari)
Ø Kebenaran tidak diukur dengan banyaknya orang yang mau melakukannya, namun kebenaran adalah apa saja yang mencocoki Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman salafus salih (Anisya LM)
Ø Perbanyaklah menanam kebaikan meskipun orang yang menerima kebaikan itu tidak membalas seperti yang kita tanam, pasti akan dipanen hasilnya, entah sekarang atau esok, atau mungkin jadi ladang amal di akhirat kelak (Gilang)
Ø Teman yang benar bukanlah teman yang selalu membenarkan perkataanmu, akan tetapi teman yang benar adalah teman yang selalu berkata benar kepadamu (Salman)
Ø Barang siapa memaafkan saat dia mampu membalas, maka Allah akan memberinya maaf pada hari kesulitan. (HR. Ath-Thabrani)
Ø Sesungguhnya amal-amal perbuatan targantung niatnya, dan bagi tiap orang apa yang diniatiny. (HR. Bukhari)
Ø Seorang muslim ialah yang menyelamatkan kaum muslimin (lainya) dari (kejahatan) lidah dan tangganya. (HR.Ahmad)
Ø Seorang mukmin tidak akan digigit dua kali dari lubang yang satu (sama). (Mutafaq’alaih)
Ø Sebaik-baik kamu ialah yang diharapkan kebaikannya dan aman dari kejahatanya. Dan seburuk-buruk kamu ialah yang tidak diharapkan kebaikannya dan tidak aman dari kejahatanya. (HR. Tarmidzi dan Abu Ya’la)
Ø Barangsiapa berhaji untuk kedua orang tuanya atau melunasi hutang-hutangnya maka dia akan dibangkitkan Allah pada hari kiamat dari golongan orang-orang yang mengamalkan kebajikan. (HR. Ath-Thabrani dan AD-Daar Quthni).
Ø Apabila seorang meninggalkan do’a bagi kedua orang tuanya maka akan terputus rizkinya. (HR. Ad-Dailami)
Ø Apabila kesusahan datang menerpa diri dan kecemasan bertumpang tindih menghimpit Anda, ucapkanlah “Laa Ilaah Illallaah” (Maidi)
Ø Hasan Al-Basri berkata : “Aku tahu rizkiku tidak dimakan orang lain, karenanya hatiku tenang. Aku tahu amalan-amalanku tidak mungkin dilakukan orang lain, maka aku sibukkan diriku dengan beramal. Aku tahu Allah selalu melihatku,karenanya aku malu bila Allah mendapatiku melakukan maksiat. Aku tahu kematian menantiku, maka aku persiapkan bekal tuk berjumpa dengan Rabb-ku” (Abdullah)
Ø Menjadi penolong agama Allah adalah satu-satunya profesi yang selalu membuka lowongan bagi pekerja baru. Setiap saat, setiap hari, sepanjang matahari masih terbit dari timur. Namun menyambung pekerjaan Rasul bukanlah pekerjaan yang mudah (Ridhwan)
Ø Empat hal yang dipandang sebagai ibu : Ibu dari segala obat adalah sedikit makan. Ibu dari segala adab adalah sedikit bicara. Ibu dari segala ibadah adalah takut dosa. Ibu dari segala cita-cita adalah sabar. (key)
Ø Jangan mengabaikan (membenci dan menjauhi) orang tuamu. Barangsiapa mngabaikan orang tuanya maka dia kafir. (HR. Muslim)
Ø Seorang ibu yang kematian 3 orang puteranya lalu berserah diri (pasrah) kepada Allah, rela dan ikhlas, maka dia akan masuk surga. (HR. Muslim)
Ø Hak tetangga ialah bila dia sakit kamu kunjungi dan bila dia wafat kamu menghantar jenazahnya. Bila dia membutuhkan uang kamu pinjami dan bila dia mengalami kemiskinan (kesukaran) kamu tutup-tutupi (rahasiakan). Bila dia memperoleh kebaikan kamu mengacapkan selamat kepadanya dan bila dia mengalami musibah kamu datangi untuk menyampaikan rasa duka. (HR. Ath-Thabrani)
Ø Meminta maaf jangan membuat diri kita menjadi hina. Memberi maaf jangan membuat kita merasa bangga. Tapi saling memaafkan itulah yang mulia (Silvana)
Ø Tiada beriman kepadaku orang yang bermalam (tidur) dengan kenyang, sementara tetangganya lapar padahal dia mengetahui hal itu. (HR. Al-Bazzaar)
Ø Pilihlah tetangga sebelum memilih rumah. Pilihlah kawan perjalanan sebelum memilih jalan dan siapkan bekal sebelum berngkat (berpergian). (HR. Al-Khatib)
Ø Sebaik-baik rumah kaum muslim ialah rumah yang terdapat didalamnya anak yatim yang diperlakukan (diasuh) dengan baik, dan seburuk-buruk kaum muslim ialah rumah yang didalamnya terdapat anak yatim tetapi anak itu diperlakukan dengan buruk. (HR.Ibnu Majah)
Ø Seorang hamba memiliki satu derajad di surga.Ketika dia dapat mencapainya dengan amal-amal kebaikan maka Allah menguji dan mencobanya agar dia mencapai derajat itu.(HR Ath-Tabrani)
Ø Tidak semestinya seorang mislim menghina dirinya.Para sahabat bertanya,”bagaimana menghina dirinya itu,ya Rasululah?”Nabi SAW menjawab,”Melibatkan diri dalam ujian dan cobaan yang dia tak tahan menderitanya.” (HR.Ahmad dan Tarmidzi)
Ø Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, Allah bersih dan menyukai kebersihan, Allah murah hati dan senang kemurahan hati, Allah dermawan dan suka kedermawanan. (HR.Tarmidzi)
Ø Ambilah kesempatan 5 sebelum 5 perkara : mudamu sebelum tua, sehatmu sebelum sakit, kayamu sebelum melarat, hidupmu sebelum mati, dan senggamu sebelum sibuk. (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaki)
Ø Pandanglah orang yang di bawah kamu dan janganlah memandang kepada yang diatasmu, karena itu akan lebih layak bagimu untuk tidak menghina kenikmatan Allah untukmu. (HR. Muslim)
Ø Sesungguhnya persoalan itu ada 3 macam : 1. Persoalan yang jelas kebenaranya maka ikutilah, 2. Persoalan yang jelas sesatnya maka jauhilah, dan 3. Persoalan yang terdapat perselisihan didalamnya maka serahkanlah kepada yang alim (ilmuwan). (HR. Ath-Thabrani)
Ø Hendaklah kamu bertakwa kepada Allah. Jika seseorang membongkar keburukan yang di ketahuinya pada dirimu janganlah kamu membongkar keburukan yang kamu ketahui ada pada dirinya. (HR.Ahmad dan Tarmidzi)
Ø Kebajikan itu ialah akhlak yang baik dan dosa itu ialah sesuatu yang merisaukan dirimu dan kamu tidak senang bila diketahui orang lain. (HR.Muslim)
Ø Diantara akhlak seorang mukmin adalah berbicara dengan baik, bila mendengarkan pembicaraan tekun, bila berjumpa orang lain menyambut dengan wajah ceria dan bila berjanji ditepati. (HR.Ad-Dailami)
Ø Tidak ada kemelaratan yang lebih parah dari kebodohan dan tidak ada harta (kekayaan) yang lebih bermanfaat dari kesempurnaan akal. (HR.Ibnu Majah dan Ath-Tabrani)
Ø Tidak ada kesendirian yang lebih terisolir dari ujub (rasa angkuh) dan tak ada tolong-menolong yang lebih kokoh dari musyawarah. Tidak ada kesempurnaan akal melebihi perencanaan (yang baik dan matang) dan tidak ada kedudukan yang lebih tinggi dari akhlak yang luhur. (HR.Ibnu Majah dan Ath-Tabrani)
Ø Tak ada wara’ yang lebih baik dari menjaga diri (memelihara harga diri dan kehormatan diri), dan tidak ada ibadah yang lebih mengesankan diri tafakur (berfikir), serta tidak ada iman yang lebih sempurna dari sifat malu dan sabar. (HR.Ibnu Majah dan Ath-Tabrani)
Ø Menghemat dalam nafkah separo pendapatan (belanja), dan mengisi serta menyayangi orang lain adalah separoh akal, sedangkan bertanya dengan baik adalah separo ilmu. (HR.Ath-Tabrani)
Ø Kemuliaan orang adalah agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukanya adalah akhlaknya. (HR.Ahmad dan Al Hakim)
Ø Sesungguhnya cemburu (yakni cemburu yang wajar dan masuk akal) adalah bagian dari keimanan. (HR.Al-Baihaqi dan Ibnu Babawih)
Ø Jika lidah selalu basah dengan dzikrullah, jika pikiran selalu tertuju pada keinginan untuk mendapat Ridha Allah, maka bersiaplah untuk manisnya iman dan nikmatnya ibadah (Rudi)
Ø Sebaik-baik manusia adalah orang yang jika dilihat maka dapat mengingatkan kepada Allah (Zahwa)
Ø Kebajikan ialah akhlak yang baik dan dosa ialah sesuatu yang mengganjal dalam dadamu dan kamu tidak suka bila diketahui orang lain. (HR.Muslim)
Ø Mintalah fatwa (keterangan hukum) kepada hati dan jiwamu. Kebajikan ialah apa yang menyebabkan jiwa dan hati tentram kepadanya, sedangkan dosa ialah apa yang merisaukan jiwa dan menyebabkan ganjalan dalam dada walaupun orang-orang meminta atau memberi fatwa kepadamu. (HR.Muslim)
Ø Hendaklah kamu selalu benar. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada kebajikan dan kebajikan membawa syurga. (HR.Bukhari)
Ø Seorang pemurah hati dekat kepada Allah, dekat kepada manusia dan dekat kepada surge. Seorang yang bodoh tetapi murah hati (dermawan) lebih disukai Allah daripada orang alim (tekun beribadah) tapi kikir. (HR.Ath-Tabrani)
Ø Jauhilah kezaliman, sesungguhnya kezaliman adalah kegelapan pada hari kiamat. Jauhilah kekikiran, sesungguhnya kekikiran telah membinasakan (umat-umat) sebelum kamu, mereka saling membunuh dan menghalalkan apa-apa yang di haramkan. (HR.Bukhari)
Ø Sebaik-baik manusia adalah yang sedikit bicara banyak berbuat kebaikan. Seburuk-buruk manusia adalah yang banyak bicara namun sedikit berbuat kebaikan (Azis)
Ø Kita harus menyadari bahwa yang lebih berhak atas diri kita hanyalah Allah swt. Sang Khalik. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur dengan apa yang diberikannya, apapun itu (Asih)
Ø Seburuk-buruk manusia adalah yang memiliki dua muka, mendatangi kelompok ini dengan wajah yang satu dan mendatangi kelompok yang lain dengan wajah yang lain. (Muttafaqun’alaih)
Ø Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagai mana api memakan kayu. (HR. abu Dawud)
Ø Barang siapa melihat sesuatu yang dikaguminya, lalu dia mengucapkan: “Dengan kehendak Alah, tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”, maka tidak akan terganggu oleh ketajaman mata. (HR. Ahmad)
Ø Barangsiapa mengutamakan kecintaan Allah atas kecintaan manusia maka Allah akan melindunginya dari beban gangguan manusia. (HR. Ad-Dailami)
Ø Paling kuat hubungan keimanan adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah. (HR. Ath-Thabrani)
Ø Siapa yang ingin mengetahui kedudukanya disisi Allah hendaklah dia mengamati bagaimana kedudukan Allah dalam dirinya. Sesungguhnya Allah menempatkan hamba-Nya dalam kedudukan sebagaimana dia menempatkan Allah pada dirinya. (HR. Al-Hakim)
Ø Ada tiga perkara yang membinasakan yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri. (HR. Ath-Thabrani dan Anas)
Ø Bahaya kepandaian adalah berbuat sekehendak hati. Bahaya keberanian adalah melampaui batas. Bahaya toleransi adalah menyebut-nyebut kebaikannya. Bahaya kecantikan adalah sombong. Bahaya ucapan adalah dusta. Bahaya ilmu adalah lupa. Bahaya pemurah adalah berlebih-lebihan (Tengku Abdul Wahab)
Ø Barang siapa membanggakan dirinya sendiri dan berjalan dengan angkuh maka dia akan menghadap Allah dan Allah murka kepadanya. (HR. Ahmad)
Ø Orang yang cerdik ialah orang yang dapat menaklukkan nafsunya dan beramal untuk bekal  sesudah wafat. (HR. Abu Dawud)
Ø Orang yang lemah ialah aorang yang mengikuti hawa nafsunya, dan berangan-angan muluk terhadap Allah. (HR. Abu Dawud)
Ø Angin adalah dari kebaikan Allah yang membawa rahmat dan adzab, maka janganlah kamu mencaci-makinya. Mohonlah kepada Allah limpahan kebaikannya, dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya. (HR. Bukhari)
Ø Perbandingan dunia dengan akhirat seperti orang mencelupkan jari tangannya ke dalam laut lalu diangkatnya dan dilihatnya apa yang diperolehnya. (HR. Mulim dan Ibnu Majah)
Ø Janganlah kalian mencaci-maki dunia. Dia adalah sebaik-baik kendaraan. Dengannya orang dapat memperoleh kebaikan dan dapat selamat dari kejahatan. (HR. Ad-Dailami)
Ø Sebaik-baik urusan adlah yang pertengahanya (yang adil atau tidak berlebih-lebihan). (HR. Al-Baihaqi)
Ø Ketika seorang samuri sejati berperang, dia mempersiapkan diri untuk mati, tetapi yang sering terjadi justru musuhnya yang mati (Anonymous)
Ø Lakukan apa saja yang kamu anggap benar, karena apapun yang anda lakukan juga akan dikritik. Anda akan dikutuk juga jika tidak melakukanya (Roosevelt)
Ø Tidak ada kesuksesan sejati tanpa penolakan. Semakin banyak penolakan yang ada, semakin unggul, semakin banyak belajar, dan semakin dekat dengan harapan anda (Anthony Robbins)
Ø Satu-satunya orang yang tidak membuat kesalahan adalah orang yang tidak berbuat apa-apa. Jangan takut kepada kesalahan, selama anda tidak mengulangi kesalahan yang sama (Roosevelt)
Ø Tiap orang mempunyai bakat. Apa yang kurang adalah keberanian untuk menganyar bakat ke tempat gelap yang di tuju (Enica Jang)
Ø Kepuasan terlatak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki (Mahatma Gandhi)
Ø Kesuksesan itu suatu perjalanan, bukan tempat tujuan; separuh dari kesenangan terdapat di tengah perjalanan menuju kesana (Gita Bellin)
Ø Jika anda tidak mengalami kegagalan dan pahitnya kegagalan, anda tidak dapat manisnya kesuksesan (Sri Dhamananda Nayake)
Ø Belajar dari kegagalan adalah cara meraih kesuksesan. Tadak pernah gagal berarti tidak pernah menang (Sri Dhamananda Nayake)
Ø Seandainya bisa, saya akan berdiri disudut yang ramai dan mengemis kepada orang-orang agar melamparakan kepada saya semua waktu yang mereka buang-buang (Bernard Berenson)
Ø Jangan takut kepada kesempurnaan... Anda tidak akan bisa mencapainya (Salvator Dali)
Ø Seseorang akan diam saja jika dia menunggu sampai bisa melakukannya dengan baik, sehingga tidak ada seorangpun yang akan bisa menemukan kesalahan (Kardinal John H Newman)
Ø Orang serba rapi mati-matian merapikan segala-galanya membuat saya ngeri; museum adalah tempat paling rapi yang dipenuhi dengan benda mati (St. John Ervine)
Ø Dia yang menerima nasihat kadang-kadang lebih unggul daripada orang yang memberikan nasihat (Karl Ludwig Von Knebel)
Ø Orang yang sukses adalah orang yang bisa membangun landasan yang kuat dengan batubata yang dilemparkan prang lain kepadanya (David Brinkley)
Ø Saya belum pernah mendengar siapapun yang tersandung ketika sedang duduk. Karena itu Keunggulan adalah melakukan hal biasa dengan cara yang tidak biasa (Booker T Washington)
Ø Anda mungkin kecewa kalau gagal, tetapi nasib buruk anda sudah dipastikan kalu anda tidak mencoba (Beverley Hills)
Ø Temukan apa yang paling suka anda lakukan dan dapatkan seseorang yang akan membayar anda untuk itu (Khaterine Whitehorn)
Ø Kegagalan ini bukanlah karena jatuh, tetapi karena tidak mau bangkit kembali (Mary Pickford)
Ø Anda harus melakukan hal yang anda fikir tidak dapat anda lakukan (Eleanor Roosevelt)
Ø Jika anda maju dengan penuh keyakinan menuju impian dan berusaha menghayati kehidupan yang dibayangkannya, anda akan bertemu dengan keberhasilan yang tidak terduga-duga (Henry D Thoreau)
Ø Tidak ada angin yang dapat membantu mereka yang tidak memiliki penentu arah (Michel De Montaigne)
Ø Saya belum pernah menerima gagasan yang siap pakai sama seperti menerima pakaian yang siap pakai, mungkin karena saya tidak bisa menjahit; tapi saya bisa berfikir (Jane Rule)
Ø Pakaian untukmu yang terbaik ialah berwarna putih, maka pakailah dan juga untuk mengkafani mayit-mayitmu. (Ath-Thahawai)
Ø Sesungguhnya Allah pemalu dan suka merahasiakan. Jika kamu akan mandi hendaklah menutupinya (bertabir) dengan sesuatu. (Abu Dawud)
Ø Jangan meremehkan sedikit tentang kebaikan meskipun hanya menjumpai kawan dengan  berwajah ceria (senyum). (HR. Muslim)
Ø  Kebaikan itu banyak tetapi pengamalanya (yang melaksanakannya) sedikit. (HR. Abu Hanifah)
Ø Orang yang paling berat disiksa pada hari kiamat ialah orang yang dipandang (dianggap) ada kebaikanya padahal sebenarnya tidak ada kebaikannya sama sekali. (HR. Ad-Dailami)
Ø Tiap tubuh yang tumbuh dari (makanan) yang haram maka api neraka lebih utama  membakarnya. (HR. Ath-Thabrani)
Ø Hutang adalah bendera Allah di muka bumi. Apabila Allah hendak menghinakan seorang hamba maka diikatkan ke lehernya. (HR. Ahmad dan Al-Hakim)
Ø Seseorang adalah sejalan dan sealiran dengan kawan akrabnya, maka hendaklah kamu berhati-hati dalam memilih kawan akrab. (HR. Al-Hakim)
Ø Amal perbuatan yang paling disukai Allah sesudah yang fardlumialah memasukan kesenangan ke dalam hati seorang muslim. (HR. Ath-Thabrani)
Ø Senyumu ke wajah saudarmu adalah sedekah. (Mashobih Assunnah)
Ø Orang yang paling dekat dengan Allah ialah yang memulai memberi salam. (Abu Dawud)
Ø Seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin lainnya. Apabila melihat aib padanya dia  segera memperbaikinya. (HR. Bukhori)
Ø Mencaci-caci seorang mukmin adalah suatu kejahatan , dan memeranginya adalah suatu kekufuran. (HR. Muslim)
Ø Bila ditimpa musibah janganlah berandai-andai, ketahuilah, sesungguhnya ucapan: “andaikata” dan “jikalau” membuka peluang bagi (masuknya) kerjaan syetan. (HR. Muslim)
Ø Berhati-hatilah dalam memuji (menyanjung-nyanjung), sesungguhnya itu adalah penyembelihan. (HR. Bukhori)
Ø Sesungguhnya rezki mencari seorang hamba sebagaimana ajal mencarinya. (HR. Ath-Athobroni)
Ø Cinta yang sangat terhadap harta dan kedudukan  dapat mengikis agama seseorang. (HR.  Ath-Thusi)
Ø Persaudaraan itu adalah mutiara yang halus, jikalau engkau tidak menjaganya, niscaya akan mendatangkan bahaya. (Al-Ahnaf)
Ø Ilmu itu engkau letakkan pada orang yang bagus membawanya dan tidak menyia-nyiakannya. (Akramah)
Ø Orang mukmin itu adalah saudara yang mukmin, tiada memperoleh ghanimah daripada-Nya dan tidak merasa malu kepada-Nya. (Aisyah R.A)
Ø Orang yang tiada memujikan temannya diatas niat yang baik niscaya tiada dipujikan diatas perbuatan yang baik. (Ali bin Abi Thalib)
Ø Kebahagiaan itu didapat di dalam perjuangan yang terus menerus.Bahagia yang paling besar ialah pada kemenangan yang silih berganti dan kemenangan tidak akan ada kalau tidak ada perjuangan. (Amin Raihany)
Ø Kalau engkau dari golongan biasa, bersyukurlah! Karena lebih baik engkau menjadi pangkal kemuliaan anak cucu dan keturunanmu, menjadi bintang dan pemancang perumahan. (Al Anisah Mai)
Ø Apabila engkau melihat seorang bersikap keras kepala, suka bertengkar, dan membanggakan dengan pendapatnya, maka sudah sempurnalah kerugiaannya. (Bilal bin Sa’ad)
Ø Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu berkurang jika dibelanjakan dan ilmu itu bertambah jika dibelanjakan. (Ali bin Abi Thalib)
Ø Dimana dengan usaha itu memperoleh sesuatu, ialah lebih aku sukai daripada meminta-minta kepada orang. (Ayyub)
Ø Saudara itu ada 3, yaitu saudara untuk akhirat, saudara untuk dunia, dan saudara untuk berjinak-jinakkan hati dengan dia. (Bisyr)
Ø Orang yang dapat menguasai diri sewaktu mendapatkan kemenangan, berlipat gandalah kemenangannya. (Cyrus)
Ø Orang mukmin yang mulia selalu memasukkan pada dirinya kepositifan sahabatnya, agar tergeraklah dari hatinya rasa pengkhianatan, kekasihsayangan, dan penghormatan. (Imam Al- Ghazali)
Ø Barangsiapa banyak perkataannya, niscaya banyak bohongnya. Barang siapa banyak hartanya, niscaya banyak dosanya. Dan barangsiapa buruk akhlaqnya, niscaya ia menyiksakan dirinya.                     (Al-Hasan)
Ø Tiap-tiap perkataan yang tidak memarahkan Tuhanmu, melainkan menyenangkan orang yang duduk bersamamu, maka janganlah kamu kikir terhadap perkataanmu itu. (Hukama’)
Ø Manusia ialah orang berilmu, sedang raja adalah orang yang zuhud, yang memakan dunia dengan agama adalah orang hina. (Ibnul Mubarok)
Ø Air mata bukanlah kelemahan, tapi kekuatan jiwa putih.  (Shofi’i)
Syair-Syair puisi islami
“Syair Abu Nawas”
Ya Tuhanku, tidak pantas bagiku menjadi penghuni surga-Mu
Namun, aku tidak kuat dengan panasnya api neraka
Terimalah taubatku dan ampunilah dosa-dosaku
Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa-dosa besar
Dosaku seperti jumlah pasir
Maka terimalah pengakuan taubatku Wahai Pemilik Keagungan
Dan umurku berkurang setiap hari
Dan dosaku bertambah, bagaimana aku menanggungnya
Ya Tuhanku, hamba-Mu yang berdosa ini datang kepada-Mu
Mengakui dosa-dosaku dan telah memohon pada-Mu
Seandainya Engkau mengampuni
Memang Engkaulah Pemilik Ampunan
Dan seandainya Engkau menolak taubatku
Kepada siapa lagi aku memohon ampunan selain hanya kepada-MU
AL-I'TIROOF
“Syair hari jum'at untuk majelis ulama indonesia tercinta...”
Sebentar-sebentar kau bilang sesat
Sebentar-sebentar kau ucap bid,ah
Sebentar-sebentar kau kata musrik
dan selalu kau desiskan Sorga dari lidahmu yang
panjang.....
halal dan haram harus melalui tanda-tanganmu
diteliti lagikah,siapa yang tau!!
ulamaku...
ulamaku..
adakah kreteria itu melekat pada dirimu
yang sering disebutkan Ali sang "pintu"nabi
tidakah kau ingin menangis melihat umatmu tengah di
cabik-cabik kekuatan dari "dalam" yang ganas dan
tengah
mengeliat diseluruh belahan bumi...
ulamaku....
ulamaku.
kaulah warisan MUHAMMAD saw nabi suciku.
janganlah musnah ditelan gelombang kemewahan
jangan padam oleh bisikan yang menakutkan
walau harus tersingkir dari dari istana fatamorgana
tapi karya sejatimu tak akan musnah ulamaku....
Seharum Hamza fansuri semerbak-mewangi tiadakan pernah
mati.....
oh ulama-ulamaku
duhai jalan menuju kota ilmu
aku cinta padamu
karena ketinggian ilmu dan budimu
pasti kuserahkan jiwaku...
ulamaku...aku yang awam ini ingin bertanya padamu!
tentang hari jum'at dan kebesarannya!
tentang keindahan dan berkah malam nya!
tentang siangnya yang seperti hari raya!
tentang diabdikan nya hari itu didalam alquran!
dan umat islam yang mayoritas ini...
yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini!
mengapa tidak bisa libur nasional untuk hari itu?
ceritakanlah padaku duhai ulamaku..
jika memang kau masih ada di bumi pertiwi ini!
mengapa tidak bisa?
“Alam Kubur Kita”
Cawan rembulan.......
kita sudah larut didalamnya
entah...........jangan tanya padaku siapa pemutar sejarah nya
juga.............aku tak tau akhir maqam kita semua
lebih baik kau lihatlah..............
pada saat dunia sudah mati
monument sudah tak lagi berarti
pada saat bumi kering dari air makna kehidupan
manusia sudah tersistem dilantai perkuburan
disana kulihat hanya air mata dalam putaran
disana sistem tata nilai adalah belenggu kita
disana masa lalu dan masa depan tak boleh berkeliaran
cawan, didalamnya ada rembulan
sedang kita adalah bagian dari bias sinar yang harus di tenggelam
makna -makna kehidupan tak berguna lagi
uraian-uraian kebenaran tak boleh singah lagi
Rembulan ada didalam cawan
Jerat jaring laba-laba menutupi bibir cawan rembulan
Lalu yang didalam berputar bagai "dendam sejarah"
karna tak mampu melawan penguasa kubur yang bertah-tahta
tapi angin masih sempat bertanya
" kenapa aku lahir!"
"untuk derita ,kau ku rancang secara nasional"jawab sang penguasa kubur.
"...............Seperti tanah akupun mengunakannya
untuk mengubur "rembulan
matahari
bias sinar
makna hidup
uraian kebenaran
dari para penyair langit
yang tembangkan masa lalu dan nada-nada masa depan
juga tokoh-tokoh masa depan yang mengkemas
kitab masa lalu dengan sampul yang menjanjikan.
.....................Dengan gelora api angkara kucoret tulisan mereka"
Seringai sang penguasa kubur.
“Bilang Pada Malam...”
Bilang pada malam!
Bulan purnama telah kupinjam
Cahayanya menyelimuti sujudku
Lalu doa-doaku melingkar bagai pelangi......
Bilang pada malam!
ESok pagi ku gelar cahaya itu pada bening embun di dedaunan......
Pada kicau burung yang beterbangan dari satu dahan kedahan lainnya
Pada desir angin yang diam-diam telah mengawinkan bunga-bunga dan membuat
ilalang menjadi riuh dan berirama.....
Oleh : shofii








Tidak ada komentar:

Posting Komentar